Keunggulan Titrasi Otomatis dibandingkan Titrasi Manual

October 19, 20220

Titrasi adalah salah satu metode analisis kimia kuantitatif yang digunakan untuk mengetahui kadar analit dalam sampel. Berbeda dengan teknik analisa secara gravimetri, dimana melibatkan pengukuran berat untuk mengetahui kadar analit dalam sampel, pengukuran volume pada teknik analisa secara titrimetri, memegang peranan yang sangat penting sehingga disebut juga anallisa volumetri.

Saat ini, titrasi masih banyak digunakan dalam analisis sampel di berbagai industri. Hal ini dikarenakan prosesnya sangat mudah, cepat serta akurat dalam mengetahui kandungan analit dalam sampel.

Kemajuan teknologi telah menjadikan analisa sampel dengan metode titrasi semakin berkembang, pengunaan buret kaca gelas dapat digantikan dengan titrator otomatis yang dikendalikan dengan chip, sehingga mampu meningkatkan kinerja analisa serta menjadikan pengukuran sampel lebih akurat.

Apa saja keunggulan analisa titrasi otomatis dibandingkan titrasi manual?

Simak penjelasannya pada artikel di bawah ini

  1. Akurasi yang tinggi

Titrasi manual memiliki potensi kesalahan yang cukup tinggi yang dihasilkan oleh analis dalam membaca miniskus buret serta melihat perubahan warna sebagai tanda berakhirnya titrasi. Hal ini dapat mempengaruhi tingkat akurasi data yang dihasilkan dari analisa metode titrasi karena pada dasarnya tiap analis memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam menangkap perubahan warna dan membaca miniskusi yang terlihat pada buret.

Dibandingkan dengan titrasi manual, titrasi otomatis memiliki kemampuan analisa yang lebih akurat, dengan adanya sensor potensiometri yang terkoneksi dengan dosing buret sehingga mampu mendeteksi titik akhir reaksi secara otomatis.

  1. Ketertelususran dokumen analisa

Titrasi otomatis memungkinan pencatatan digital tanpa perlu lagi menghitung volume titran perlu dicatat volume titran yang digunakan untuk kemudian dikoneversi dengan konsentrasi sampel dari titik akhir yang ditandai dengan perubahan warna, pembacaan pH atau mV atau teknik serupa. Sistem pencatatan digital menjadikan dokumen memiliki ketertelusuran data yang tinggi dan dapat terekam dengan lebih rapi serta terorganisir oleh sistem.

  1. Praktis, mudah diaplikasikan

Sekilas titrasi otomatis mungkin terlihat lebih rumit daripada titrasi manual. Namun, penggunaannya akan jauh lebih simpel setelah alat dijalankan. Dan dalam hal ini tidak perlu ada kemampuan khusus untuk melihat perubahan warna ataupun kecakapan dalam perhitungan data karena data hasil akan langsung diperoleh setelah motode dijalankan pada alat.

  1. Keamanan dan jaminan keselamatan kerja

Titrasi manual memiliki risiko yang cukup tinggi dalam hal keselamatan kerja seperti terkena tumpahan bahan kimia akibat pengisian buret dengan titran, risiko terkena pecahan kaca akibar buret terlepas dari penyangganya

  1. Meningkatkan kinerja analisa titrasi

Melakukan titrasi secara manual bisa sangat melelahkan dan membosankan bagi analis menunggu tetes demi tetes titran sampai terjadi perubahan warna. Penggunaan titrasi otomatis tentunya dapat meningkatkan kinerja analis dengan kebutuhan sampel yang tinggi, sehingga analisa dapat dapat melakukan lebih banyak pengujian lain tanpa perlu belama-lama memantau analisa titrasi.

  1. Dapat terintegrasi dengan sistem LIMS

Bagi laboratorium dengan sistem yang terintegrasi dengan penggunaan titrator instrument dapat dikoneksikan langsung dengan LIMS sehingga mampu mentransfer data dan perhitungan instrument ke dalam sistem LIMS. GELIS (Genius Lab Intelligence System) merupakan LIMS yang dikembangkan oleh PT Yucore Integrasi Indonesia, sister company dari Lichem Center Indonesia yang mampu mengintegrasikan instrument analitik Anda untuk otomatisasi perhitungan dan digitalisasi data.

Peningkatan sampel yang semakin tinggi menjadikan laboratorium modern berkebutuhan khusus dalam menghasilkan data yang cepat dan akurat

Maka, berinvestasilah dengan titrasi otomatis beresolusi tinggi dari SI Analytics yang cepat dan akurat dalam menghasilkan analisa data metode titrimetri.

 

Automatic Titrator, Titroline 5000

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *